Pengertian Green Tea Matcha

Pengertian Green Tea Matcha

Teh hijau bubuk atau matcha didefinisikan sebagai teh hijau giling dengan ukuran partikel kurang dari 76 µm. Proses tersebut berpengaruh pada komposisi kimia dari teh hijau seperti polifenol, asam amino dan kafein masih asli.

Bubuk Green Tea Matcha
Bubuk Green Tea Matcha

Matcha adalah minuman teh hijau bubuk yang biasa dipergunakan pada upacara minum teh di Jepang. Matcha diperkirakan pertama kali dibuat di Tiongkok pada abad ke-10, tetapi orang Jepang baru mengenal matcha pada abad ke-12. Dan baru-baru ini, matcha banyak digemari di Indonesia.

Dari Tunas Daun Camelia sinensis
Dari Tunas Daun Camelia sinensis

Teh hijau yang akan dijadikan matcha terbuat dari tunas muda dari tanaman teh yang tumbuh di tempat yang teduh (shading) atau tidak terkena sinar matahari langsung. Alasan dari shading ini adalah untuk meningkatkan produksi klorofil dengan mengurangi fotosintesis di daun. Segera setelah teh matcha bertunas, daun tehnya akan ditutup dengan tirai buluh bambu atau perlengkapan yang membuat teduh. Proses ini dilakukan guna meningkatkan konsentrasi dari beberapa sifat menyehatkan yang ada pada teh.

 

Teh matcha mulai dipanen pada 88 hari setelah hari pertama musim semi, umumnya terjadi pada permulaan bulan Mei. Panen pertama akan memproduksi daun teh muda kualitas tertinggi yang disebut dengan istilah ‘first flush’. Mempertimbangkan bahwa daun teh Matcha muda adalah yang terbaik dalam segi kualitas, rasa, dan warnanya, tak heran jika daun teh ini dipilih untuk digunakan dalam ritual upacara minum teh di Jepang.

Ritual Minum Teh Hijau Matcha di Jepang
Ritual Minum Teh Hijau Matcha di Jepang

Kemudian daun teh dikukus, dikeringkan dan dihaluskan hingga menjadi bentuk bubuk. Sedangkan teh hijau biasa dipanen bagian daunnya lalu dipanaskan dan diseduh dengan air hangat.

 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi epigalokatekin galat EGCG pada matcha 137 kali lebih besar dibandingkan dengan teh hijau biasa. Kandungan polifenol dalam teh hijau terutama epigalokatekin galat (EGCG) secara signifikan mengurangi asupan makan, berat badan, kolesterol dan trigliserida.

Matcha Powder
Matcha Powder

Teh ini dibuat dengan cara melarutkan bubuk teh halus (tidak berupa daun) ke dalam air panas, sehingga kamu sejatinya akan mengkonsumsi seluruh daun tehnya. Suhu ideal airnya berkisar antara 175 derajat. Dalam cara tradisional, sebuah pengocok bambu khusus yang diberi nama ‘chasen’, digunakan untuk mengaduk dan mencampur bubuk teh ke dalam air.

Demikian artikel tentang Pengertian Green Tea Matcha.

Summary
product image
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Brand Name
GREENTEAMATCHA.COM
Product Name
GREEN TEA MATCHA INDONESIA
Price
IDR 85000
Product Availability
Available in Stock